4 Bulan Penentu bagi Pebulutangkis RI ke Olimpiade 2024

Atlet-atlet bulutangkis Indonesia hanya punya waktu empat bulan di tahun 2024 untuk mengamankan kuota di Olimpiade Paris 2024. Dari waktu tersisa itu ada lebih dari 10 turnamen yang bisa dimanfaatkan Gregoria dkk. Apa saja?

Cabang bulutangkis di Olimpiade akan berlangsung pada 27 Juli hingga 5 Agustus mendatang. Meskipun baru dimulai tujuh bulan lagi, faktanya periode kualifikasi hanya bergulir sampai 28 April 2024.

Sejak perhitungan poin dimulai pada 1 Mei 2023, posisi-posisi pemain Indonesia yang sejauh ini “aman” terbanyak ada di tunggal putra yaitu dua wakil. Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting berada di peringkat kelima dan keenam dalam perebutan tiket ke Olimpiade 2024.

Sementara wakil lainnya di empat sektor, Gregoria Mariska Tunjung berada di posisi kedelapan, lalu Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di peringkat ke delapan, disusul Bagas Maulana/Muhaad Shohibul Fikri di peringkat kesepuluh.

Baca juga: Saran Legenda Bulutangkis Imelda Wiguna Terkait Persiapan Olimpiade

Kemudian ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti di posisi ketujuh, sedangkan ganda campuran Rinov Rivaldy/Phita Haningtyas Mentari (14), dan Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja (16) sementara ini.

Sesuai aturan kualifikasi bulutangkis di Olimpiade, untuk nomor ganda di masing-masing Komite Olimpiade Nasional (NOC) dapat mengirimkan maksimal dua wakil dengan catatan mereka berada di dalam 8 besar peringkat dunia BWF.

Sementara NOC dapat memasukkan maksimal dua pasangan jika mereka berada di 16 besar sektor tunggal dalam daftar ranking road to Paris. PBSI tentu harus berjuang lebih keras di kuartal tahun ini dalam usaha mengirimkan lebih banyak wakil ke pesta olahraga itu.

Mengutip BWF, ada lebih dari 10 turnamen yang dapat diikuti para pemain untuk mengejar poin Olimpiade 2024. Pertama Malaysia Open 2024 yang akan berlangsung pekan depan, atau tepatnya 9-14 Januari.

Baca juga: PBSI Buka Kans Dejan/Glo Dikirim ke Olimpiade, Asalkan…

Ajang ini akan menjadi masa-masa yang sangat penting bagi atlet-atlet yang berharap untuk lolos. Sebab, sebagai turnamen pembuka musim yang merupakan Super 1000, banyak poin peringkat serta hadiah uang yang dipertaruhkan.

Dari Kuala Lumpur, turnamen akan berlanjut ke New Delhi, India Open 2024 (Super 750), kemudian disusul Indonesia Masters 2024 (Super 500) dan Thailand Masters 2024 (Super 300).

Adapun World Tour akan berhenti sejenak pada Februari, Di bulan tersebut, lebih banyak mempertandingkan kejuaraan beregu kontinental di Asia, Eropa dan Pan Am, serta kejuaraan individu kontinental di Oseania dan Afrika.

Baca juga: Cedera Fajar/Rian Harus Tuntas Demi Olimpiade 2024 Paris

Tur akan dilanjutkan pada akhir Februari dengan menyajikan German Open 2024 (Super 300), kemudian French Open 2024 (Super 750) yang dijadwalkan bergulir awal Maret tahun ini.

Kemudian akan diikuti dengan turnamen Super 1000 kedua tahun ini, All England dan Orleans Masters (Super 300). Tur kemudian berlanjut di Eropa hingga bulan Maret, dengan Swiss Open (Super 300) dan Madrid Spain Masters (Super 300).

Sementara April akan menjadi waktu terakhir kualifikasi dengan kejuaraan perorangan kontinental yang tersisa. Turnamen-turnamen itu ialah Kejuaraan Bulutangkis Asia (9-14 April), Kejuaraan Eropa 2024 (juga 9-14 April) dan Kejuaraan Perorangan YONEX Pan Am (11-14 April).

Setelah kualifikasi berakhir 28 April, BWF akan mengumumkan daftar peringkat Race to Paris.

(mcy/krs)

Related Posts

Hak Cipta © 2024 Obatwasirambeienherbal. Semua Hak Dilindungi Undang-Undang.