Atlet Taekwondo Andi Sultan Raih Emas Pertama untuk DKI di Popnas 2023

Prestasi membanggakan ditorehkan atlet taekwondo muda DKI Jakarta Andi Sultan. Atlet muda ini berhasil meraih medali emas di Pekan Olahraga Pelajar Nasional XVI (Popnas) 2023 di Palembang, Sumatra Selatan.

Remaja 16 tahun ini menyabet medali emas Taekwondo nomor Freestyle Poomsae Individual putra yang dipertandingkan pada Senin (28/8/2023). Andi berhasil memenangkan pertandingan dengan perbedaan skor yang cukup jauh dari lawan lawannya.

Poomsae adalah serangkaian gerakan atau pola yang dilakukan dalam taekwondo dengan tujuan mengembangkan keterampilan teknis dan kekuatan fisik.

Kategori Freestyle Poomsae memungkinkan peserta untuk mengekspresikan gerakan-gerakan tersebut dengan gaya pribadi, sambil tetap mempertahankan elemen-elemen inti dari poomsae tersebut.

Baca juga: Arti Warna Sabuk Taekwondo Berdasarkan Tingkatan dan Urutannya

Freestyle Poomsae ini merupakan nomor andalan Andi. Raihan medali Andi ini merupakan emas pertama yang diraih cabor Taekwondo untuk kontingen DKI Jakarta di Popnas 2023.

“Emas pertama tim DKI di Popnas 2023 dari Poomsae Freestyle Putra, Andi Sultan. Selamat, dan terus berjuang untuk emas-emas berikutnya Team DKI”, kata Kepala Humas Pengprov Taekwondo DKI Jakarta dalam keterangan persnya.

Prestasi ini diraih Andi berkat kerja keras dalam berlatih dan persiapan matang sebelum Popnas 2023.

Ini bukan kali pertama Andi Sultan menorehkan prestasi membanggakan, diketahui sebelumnya Andi Sultan juga pernah meraih beberapa gelar juara level nasional hingga internasional.

Di antaranya adalah medali emas ajang kejuaraan World Taekwondo Poomsae Challenge, medali emas kejuaraan World Taekwondo Poomsae Challenge Grand Final, dan medali perunggu pada ajang kejuaraan World Taekwondo Poomsae Championship 2022 yang diadakan di Korea Selatan. Prestasi ini diraih Andi saat usainya masih belasan tahun.

Related Posts

Hak Cipta © 2024 Obatwasirambeienherbal. Semua Hak Dilindungi Undang-Undang.